x
Sejak 2013, Produksi Beras Inhu Baru Mampu Memenuhi 30 Persen Kebutuhan Lokal
Panen raya di Desa Redang. (Foto:Obrin/FokusRiau.Com)

Sejak 2013, Produksi Beras Inhu Baru Mampu Memenuhi 30 Persen Kebutuhan Lokal

Jumat, 12 Oktober 2018, 07:10:51
INDRAGIRI HULU-Sejak 2013 sampai sekarang, produksi beras petani di Kabupaten Inhu baru mampu memenuhi 30 persen kebutuhan lokal. Padahal, melihat pertumbuhan penduduk di Inhu yang setiap tahun mencapai 3-5 persen, tentu membutuhkan persediaan beras yang cukup.

Hal itu disampaikan Bupati Yopi Arianto melalui Kepala Badan Satpol PP Boby Rachmat saat panen raya di Desa Redang, Kecamatan Rengat Barat, Inhu, Kamis kemarin.

Untuk mengejot produksi beras di Inhu agar bisa memenuhi kebutuhan masyarakat, Pemkab Inhu bekerjasama dengan Pemprov Riau dan pusat membuat terobosan baru. Salah satunya melalui program Upaya Khusus Padi, Jagung dan Kedelai (Upsus Pajale). "Dimana trobosan tersebut antara lain membuat sasaran tanam, panen dan produksi padi, jagung dan kedelai," ujar Boby.

Dikatakan, sasaran tanam padi di Inhu adalah 3.488 hektare dengan realisasi tanam sekarang mencapai 3.543 hektare atau 101,6 persen. Salah satu lokasi pengembangan Upsus Pajale berada di Kecamatan Rengat Barat.

Untuk percepatan peningkatan produksi pajale, Pemkab Inhu telah mengalokasikan anggaran melalui APBD dan mengusulkan ke Provinsi serta pusat agar menganggarkan dana untuk mendukung pengembangan pajale.

Ketua Kelompok Tani Bringin Jaya Desa Redang, Kecamatan Rengat Maslah mengatakan, Desa Redàng memiliki dua kelompok tani, yakni Mekar Jaya yang mengelola lahan seluas 65 hektare. "Kita minta pemkab membangun tanggul untuk mengurangi banjir saat musim hujan agar sawah tak kebanjiran. Kita juga minta pemerintah membangun pipa air dan menyediakan mesim pompa untuk menyedot air dari Sungai Kuantan saat musim kemarau. Ini penting untuk membantu petani bisa berhasil dan tidak gagal panen," tukasnya. (*)








Penulis: Obrin
Editor: Boy Surya Hamta
Share on:

BERITA TERKINI
Redaksi - Disclaimer - Tentang Kami - Pedoman Media Syber
Desktop Version