x
Sempena Bulan Ramadan, DLH Meranti Atur Ulang Jadwal Pengangkutan Sampah
DLH Meranti akan mengatur ulang jadwal pengangkutan sampah. (Foto:Istimewa)

Sempena Bulan Ramadan, DLH Meranti Atur Ulang Jadwal Pengangkutan Sampah

Minggu, 12 Mei 2019, 12:44:03
MERANTI-Memasuki bulan Ramadan, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kepulauan Meranti, Riau mulai mengatur ulang jadwal pengangkutan sampah di Selatpanjang dan sekitarnya. Hal ini bertujuan untuk memberikan kesempatan petugas kebersihan melaksanakan ibadah salat tarawih.

Kepala Dinas LHK Hendra Putra MSi didampingi Kasi Peningkatan Kapasitas Sunardi mengatakan, untuk jadwal pengangkatan sampah pada pagi dan siang, tidak ada perubahan. Namun, untuk malam hari ada pergeseran. "Biasanya kan malam itu sehabis Maghrib, tapi sekarang (Ramadan) sehabis melaksanakan Salat Tarawih," ujar Hendra.

Dikatakan, pada minggu pertama Ramadan ini belum ada peningkatan yang signifikan pada volume sampah. Meski pola belanja masyarakat berubah, mengingat banyaknya pedagang musiman menjual makanan untuk berbuka puasa. "Kalau sekarang masih aman. Belum ada peningkatan yang signifikan," kata Hendra.

Sunardi menambahkan, berdasarkan pengalaman tahun-tahun sebelumnya, peningkatan volume sampah selama Ramadan di Kepulauan Meranti berkisar antara 10 hingga 15 persen. Itu terjadi pada pertengahan hingga penghujun Bulan Ramadan.

"Hari biasa, sekitar 32 ton dan akan meningkat hingga 15 persen pada saat puasa menjelang lebaran. Biasanya peningkatan baru terjadi pada pertengahan hingga akhir Ramadan. Kita terus memantau, tapi sejauh ini masih bisa kita atasi," kata Sunardi pula.

Saat ini, dibeberkan Sunardi, DLH memiliki 6 armada, L300, pick up, dan truk sampah. Armada ini akan membawa sampah dari Ibukota Kepulauan Meranti, Selatpanjang, menuju tempat pembuangan di Desa Gogok Tebingtinggi Barat. Sedangkan untuk menyisir sampah di gang-gang, DLH memiliki 3 unit motor roda tiga yang dilengkapi gerobak sampah. (*)




Penulis: Obrin 
Editor: Boy Surya Hamta
Share on:

BERITA TERKINI
Redaksi - Disclaimer - Tentang Kami - Pedoman Media Syber
Desktop Version