x
Stekolder Pemkab Inhu Bahas DDDTLH, Dasar Penyusunan RPJP dan RPJM Inhu
Rapat penyusunan DDDTLH. (Foto:Obrin/FokusRiau.Com)

Stekolder Pemkab Inhu Bahas DDDTLH, Dasar Penyusunan RPJP dan RPJM Inhu

Kamis, 21 November 2019, 10:07:20
INDRAGIRI HULU-Sejumlah Stakeholder Pemkab Inhu menggelar rapat penyusunan Daya Dukung dan Data Tampung Lingkungan Hidup (DDDTLH) di kantor Bupati, Rabu (20/11/2019). 

Rapat dipimpin Plt Asisten II Sekdakab Inhu Suseno Adji dan Kadis Lingkungan Hidup Selamat dengan narasumber dari Universitas Riau. Usai rapat, Selamat mengatakan, rapat membahas penyusunan DDDTLH Inhu. Karena program pembangunan RPJP dan RPJM serta semua kebijakan pemerintah harus didasari DDDTLH.

Sebagaimana di amanatkan UU Nomor 32 tahun 2019, DDDTLH merupakan salah satu muatan kajian mendasar dalam penyususnan dan evaluasi RTRW, RPJP dan RPJM. "Tujuan adanya DDDTLH tertuang dalam aturan untuk menjaga kelestarian lingkungan hidup dan keselamatan masyarakat," tuturnya.

Sehingga setiap perencanaan tata ruang wilayah, wajib didasarkan pada KLHS dan ditetapkan dengan memperhatikan DDDTLH yang menjadi inti kegiatan KLHs dan RPPLH.

"Jadi penyusunan DDDTLH sangat dibutuhkan untuk rencana program pembangunan mendesak dan strategis di Inhu. Tentunya dengan didukung sistim metodologi yang jelas dan mampu mewadahi semua kepentingan pembangunan dan pelestarian lingkungan," tambahnya.

Dikatakan, penyususnan DDDTLH berbasis pendekatan jasa ekosistim untuk memberikan solusi  bagi penyusunan DDDTLH komprehensif. Dimana jasa ekosistim sangat bermanfaat bagi manusia, termasuk jasa persediaan provisioning, seperti pangan dan air dan jasa regulating dalam pengaturan terhadap banjir, kekeringan, degradasi lahan dan penyakit.

"Jadi tujuan penyusunan DDDTLH berbasis jasa ekosistim, terkait tutup tanah dan akan dijadikan sebagai dasar perencanaan pemanfaatan sumber daya alam, perencanaan pembangunan serta perencanaan pemanfaatan ruang," tukasnya. (*)



Penulis: Obrin 
Editor: Boy Surya Hamta
Share on:

BERITA TERKINI
Redaksi - Disclaimer - Tentang Kami - Pedoman Media Syber
Desktop Version