x
Tabligh Akbar Warnai Perayaan Hari Jadi Kota Dumai ke-15

Tabligh Akbar Warnai Perayaan Hari Jadi Kota Dumai ke-15

Senin, 28 April 2014, 12:12:29
DUMAI-Tabligh Akbar merupakan salah satu implementasi dari kepedulian umat Islam, agar senantiasa berupaya merenungi setiap gerak langkah yang telah dilalui melalui muhasabah. Tujuannya supaya apa yang dilakukan ke depan tetap berpegang pada kerangka hukum Islam yang bersifat universal.

"Tabligh Akbar sangat penting, mengingat Rasulullah pernah bersabda kalau orang yang beruntung adalah orang yang hari ini lebih baik dari hari kemarin dan hari esok lebih baik dari hari ini," kata Walikota Dumai, Khairul Anwar mengawali Tabligh Akbar dan senandung ilahi bersempena Hari Jadi Kota Dumai ke-15.

Tabligh Akbar berlangsung di lapangan Bukit Gelanggang, Jumat (25/4) malam menghadirkan Ustadz Zaky Mubarok dan Group Nasyid Debu dari Jakarta. Ikut hadir, Sekda Said Mustafa, Ketua TP PKK Hj Nefi Agustina, Ketua DWP Hj Syarifah Rafida, unsur Forkompimda, pejabat Pemko Dumai dan ribuan masyarakat.

Menurut walikota, Tabligh Akbar yang diramu dengan senandung ilahi yang menampilkan group nasyid asal Jakarta, Debu. "Saya atas nama Pemko Dumai menyambut baik atas terselenggaranya acara ini. Dimana Tabligh Akbar disamping agenda refleksi dan intropeksi diri pribadi muslim dan umat Islam secara keseluruhan, juga untuk mengkilas kaji terhadap ajaran agama kita guna bekal kita semua di hari kemudian," ujarnya.

Disebutkan, tantangan di era globalisasi dan teknologi informasi jika tidak disikapi dengan baik niscaya akan semakin menjauhkan kita dari ajaran agama dan budaya bangsa yang terbukti dapat memperkokoh sendi - sendi ajaran Islam itu sendiri.

"Untuk itu, melalui momen tabligh akbar mari kita semua kembali mengkilas balik seluruh aktifitas yang telah dilakukan. Supaya kembali kepada ajaran Islam secara Kaffah sesuai dengan Syariat Islam yang wajib kita amalkan," tuturnya.

Selain itu, kegiatan Tabligh Akbar untuk memperkuat rasa persatuan dan kesatuan umat Islam (Ukhuwah Islamiyah) di Dumai. Hal ini diupayakan dengan meningkatkan kadar Keimanan dan Ketaqwaan umat Islam Dumai. Sehingga lahir dihati sanubari dan tercermin dalam sikap dan tingkah laku kita yang terpancar nilai-nilai keimanan yang pada akhirnya membawa kita semua menjadi orang-orang yang bertaqwa dan berakhlak mulia menuju masyarakat 'Baidatun Thoyyibatun Warobbun Ghofuur'.

Sementara Ustadz Zaky Mubarrok dalam tausiahnya mengajak seluruh umat Muslim di Dumai, untuk mengerjakan semua Perintah Allah dan meninggalkan semua apa yang telah dilarang Allah SWT. "Jika kita semua bisa menjalani itu, maka Nabi Muhammad SAW pun telah menjamin kita untuk bisa masuk ke dalam Surga," ujar Ustadz Zaky.

Dijelaskan, ketika kita semua nantinya berada di Surga apapun yang kita minta akan di kabulkan oleh Allah. Allah dalam Al-Quran, kata Ustadz Zaky mengatakan, "Kami jadikan wanita-wanita yang masuk Surga, semua Perawan". Untuk itu, menurut Ustadz Zaky, umat Muslim harus bisa selalu lebih baik dan menjadi yang terbaik, mulai detik ini dan sampai kapanpun.

Sehari sebelumnya, Kepala Bagian Humas dan Infokom Kota Dumai, Muhammad Wazir mengatakan, sempena hari jadi Kota Dumai ke-15, Pemko Dumai memang rutin menggelar Tabligh Akbar. “Sempena hari jadi Kota Dumai ke-15, pemko memang menggelar Tabligh Akbar dengan menghadirkan Ustad Zaky Mubarrok. Sementara untuk menghibur masyarakat, dihadirkan group Nasyid kondang Debu,” kata Muhammad Wazir, Jumat (25/4).

Dijelaskan, tabligh akbar akan dipusatkan di lapangan bukit gelanggang, Jalan HR Soebrantas pukul 19.30 WIB. “Melalui kesempatan ini pemerintah mengajak seluruh lapisan masyarakat Dumai, khususnya warga Muslim untuk bersama-sama menghadiri tabligh akbar sempena hari jadi kota Dumai ke-15 tahun,” ujarnya.

Supaya masyarakat mengetahui kegiatan ini, pemerintah sudah mensosialisasikannya menggunakan baliho dan undangan dan imbauan di media massa. “Untuk itu saya berharap kegiatan malam ini disaksikan seluruh lapisan masyarakat Dumai,” harapnya.

Selain itu, undangan sudah dibuat dan disebar kepada seluruh instansi pemerintahan dan Swasta, tokoh masyarakat, tokoh agama, pemuda, ibu-ibu perwiritan, Pengurus Masjid dan jamaah se-kota Dumai sertaa elemen Masyarakat lainnya, khususnya yang beragama Islam agar bersama-sama meramaikan kegiatan Tabligh Akbar dan senandung Islam sempena Hari Jadi Dumai. Wazir menyebutkan, tabligh akbar akan dibuka langsung Walikota Dumai, Khairul Anwar didampingi Wakil Walikota, Agus Widayat serta dihadiri undangan lainnya. (adv/hms)
Share on:

BERITA TERKINI
Redaksi - Disclaimer - Tentang Kami - Pedoman Media Syber
Desktop Version