x
Tahukah Anda Bagaimana Cara Mendapatkan Malam Lailatul Qadar?
Ilustrasi. (Foto:TebuirengOnline)

Tahukah Anda Bagaimana Cara Mendapatkan Malam Lailatul Qadar?

Senin, 20 Mei 2019, 13:26:07
JAKARTA-Bulan suci Ramadan hendaknya dimanfaatkan, untuk meningkatkan hubungan seorang Muslim dengan al quran. Yang sebelumnya tidak rutin membaca al quran misalnya, kini mulai membiasakan diri mengikuti tadarus. 

Demikian disampaikan Ketua Lembaga Dakwah Khusus (LDK) PP Muhammadiyah Muhammad Ziyad. Apalagi, menurut Ziyad, dalam bulan Ramadan terdapat Lailatul Qadar. Itulah malam mulai diturunkannya al quran oleh Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW melalui malaikat Jibril. 

Dalam surah al-Qadr disebutkan kemuliaan momen tersebut. Itulah malam yang derajatnya lebih baik daripada seribu bulan. Ziyad menuturkan, ada beberapa cara untuk meraih berkah Lailatul Qadar, sebagaimana yang dicontohkan Nabi Muhammad SAW.

Seorang Muslim hendaknya sejak awal Ramadan meniatkan untuk bersungguh-sungguh menunaikan puasa. Malam-malam bulan Ramadan pun dapat diisi dengan berbagai ibadah wajib dan sunah.

Lebih khusus lagi pada 10 hari terakhir bulan Ramadan. Apalagi, malam-malam ganjil. Selain itu, hendaknya memperbanyak ibadah sosial, semisal bersedekah atau infak. Hubungan dengan sesama manusia pun mesti diperbaiki, khususnya dengan keluarga terdekat. Sebagai seorang anak, misalnya, mesti berbakti kepada kedua orang tua.

"Ini mengisyaratkan bahwa Ramadan itu membentuk kesalehan spiritual dan sosial. Jadi, yang ingin meraih Lailatul Qadar juga harus kuat jiwa sosialnya. Tidak boleh hanya mementingkan  spiritual individual saja," kata Muhammad Ziyad, Senin (20/5/2019).

Kapan waktu Lailatul Qadar? 

Ziyad menuturkan pendapat yang menyebut, terjadinya malam Lailatul Qadar pada 10 malam terakhir bulan Ramadan. Hal itu berdasarkan pada hadis dari Aisyah. "Rasulullah SAW beriktikaf di 10 hari terakhir Ramadan dan dia berkata, 'Carilah malam Lailatul Qadar di (malam ganjil) pada 10 hari terakhir bulan Ramadhan.'" Hadis itu riwayat Bukhari dan Muslim. (*)




 
 
Editor: Boy Surya Hamta
Sumber: Republika.co.id
Share on:

BERITA TERKINI
Redaksi - Disclaimer - Tentang Kami - Pedoman Media Syber
Desktop Version