x
Targetkan Sebagai Destinasi Wisata Lokal, Pemkab Pelalawan Kembangkan Danau Tajwid
Bupati HM Harris menanam pohon di Danau tajwid. (Foto:Istimewa)

Targetkan Sebagai Destinasi Wisata Lokal, Pemkab Pelalawan Kembangkan Danau Tajwid

Senin, 03 September 2018, 12:41:23
PELALAWAN-Pemerintah Kabupaten Pelalawan terus berbenah di berbagai bidang pembangunan. Salah satunya adalah sektor pariwisata. Tahun ini, Bupati HM Harris melalui Dinas Periwisata tengah mengembangkan objek wisata Danau Tajwid di Kelurahan Langgam, Kecamatan Langgam, Kabupaten Pelalawan. 

Di sini, teradapat perpaduan suasana alam yang asri dengan wahana permainan yang tentunya diharapkan mampu menyedot masyarakat Riau dan wisatawan dari luar Riau untuk datang. 
 
Selasa (21/8/2018) lalu, objek wisata alam Danau Tajwid secara resmi telah dibuka pemerintah untuk masyarakat umum. Ini ditandai dengan soft opening di kawasan danau yang dihadiri langsung oleh Bupati HM Harris. 

Berbagai rangkaian kegiatan ditampilkan untuk menyemarakkan pembukaan wisata alam tersebut, seperti jalan santai sehat, senam sehat dan kegiatan forum anak Pelalawan. Selain masyarakat, seluruh intansi pemerintahan hadir menyaksikan soft opening wisata alam Danau Tajwid tersebut. 
 
 
Bupati HM Harris memberikan nasi tumpeng kepada Dirut PT RAPP Rudi Fajar. (Foto:Istimewa) 
 
Tampak hadir Kepala Kejari Pelalawan Tetty Syam, Kapolres AKBP Kaswandi Irwan, Dirut PT RAPP Rudi Fajar, Anggota DPRD Riau Sewitri, Wakil Bupati Pelalawan Zardewan, Sekkdakab Tengku Mukhlis dan Kepala OPD Pemkab Pelalawan.

Dari data yang dimiliki Pemkab Pelalawan, Danau Tajwid memiliki luas wilayah sekitar 20 hektare, terdiri kepada empat bagian. Saat ini, pengelola dan pemerintah sudah menyediakan 32 wahana permainan, termasuk flying fox dan flying fish.

Untuk menuju Danau Tajwid, bisa ditempuh dengan kendaraan roda dua dan roda empat dengan waktu tempuh sekitar setengah jam dari Pangkalan Kerinci, ibukota Pelalawan. Dari sini, pengunjung harus berbelok ke kanan sebelum menuju penyeberangan ponton Sungai Kampar. 

Setelah menyusuri jalan aspal menuju Langgam, pengunjung kemudian berbelok ke kanan beberapa meter sebelum menuju Jembatan Langgam. Kemudian jalan terus mengikuti akses yang sudah ada dari tepian Sungai Kampar.

Sebelum tiba di Danau Tajwid, para pengunjung akan disuguhi dengan pesona alam nan indah. Pohon besar dan tinggi tampak sedap dipandang, sambil sesekali melihat monyet dan binatang lain bergelantungan seakan menyapa pengunjung. 

Begitu tiba di Danau Tajuwid. Pengunjung akan disuguhi dengan hamparan danau yang tentunya akan menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung. Sementara itu, pada bagian tengah danau masih tampak beberapa alat berat, kendaraan dan pekerja sedang bekerja meratakan jalan membangun tower besi yang akan menjadi wahana flying fox setinggi hampir 30 meter. 

"Kalau flying fox ini panjangnya sekitar 230 meter ke ujung sana," kata salah seorang pengelola Danau Tajwid Bhaktiar Ismail. 
 
 
Berbagai macam jenis permainan air menanti pengunjung di Danau tajwid. (Foto:Istimewa) 
 
Bupati HM Harris saat soft opening didampingi Kepala Disparbudpora Andi Yuliandri, Kepala Bappeda Syahrul Syarif, Kepala BPBD Hadi Penandio dan beberapa staff menyebut, flying fish sekarang sudah bisa dinikmati. 

Di sini bisa digunakan sampan karet yang dibentuk sedemian rupa untuk dinaiki empat orang, sama seperti di lokasi wisata lainnya. Bentuknya mirip Banana Boat bila digabung tiga unit dengan penampang di bagian depan dan samping kiri-kanannya.

Flyng fish tersebut bisa dimainkan dengan bantuan speedboat untuk menarik dan memainkan irama sesuai ayunan sped. 
 
 
Bupati HM Harris dan rombongan mencoba permainan flying fish di Danau tajwid. (Foto:Istimewa) 
 
Bupati HM Harris saat itu menyebut, selain kedua wahana ini, pengelola akan membangun puluhan lebih wahana lain di lahan danau. Berbagai permainan dari lokasi wisata akan diserap dan dioperasikan di danau, termasuk water park. Investasi dana telah disiapkan secara berangsur untuk menyulap danau Tajwik sebagai lokasi wisata yang menarik wisatawan dari dalam dan luar Pelalawan. 

Dikatakan, Pemkab Pelalawan sudah menunjukan keseriusannya mengembangkan wisata. Dengan membangunan beberapa gazebo, kamar mandi serta tempat santai ditepi danau. Ke depan, infrastruktur lain akan ditambah sesuai kebutuhan. (adv/diskominfo) 
Share on:

BERITA TERKINI
Redaksi - Disclaimer - Tentang Kami - Pedoman Media Syber
Desktop Version