x
Ternyata Ada 5 Manfaat Daun Kopi yang Belum Banyak Diketahui Orang
Daun kopi memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. (Foto:Istimewa)

Ternyata Ada 5 Manfaat Daun Kopi yang Belum Banyak Diketahui Orang

Kamis, 21 November 2019, 15:25:03
PEKANBARU-Kita tahu biji kopi dapat diolah menjadi minuman nikmat dan banyak digemari masyarakat. Meminum secangkir kopi dapat dinikmati kapanpun, salah satunya pagi hari. 

Kopi sendiri bisa dimanfaatkan sebagai penahan rasa kantuk oleh banyak orang. Selain itu, kopi dapat dimanfaatkan sebagai bahan untuk kecantikan. Sudah banyak orang tahu kalau biji kopi sangat bermanfaat bagi kesehatan dan kecantikan. 

Tapi tak banyak orang yang mengetahui kalau sebenarnya kopi bukan hanya bijinya yang dapat dimanfaatkan, melainkan daunnya pun juga bisa dimanfaatkan untuk kesehatan maupun kecantikan.

Lebih tepatnya, menggunakan teh daun kopi untuk kesehatan dan kecantikan. Memang belum banyak orang yang mengetahui bahwa daun kopi ternyata juga mempunyai manfaat yang luar biasa untuk kesehatan.Ingin tahu lebih lengkapnya bagaimana manfaat dari daun kopi? Yuk simak terus artikel ini ya.

Manfaat Daun Kopi untuk Kecantikan
Dikutip dalam majalah kopi, kalau pernah ada percobaan yang dilakukan oleh seorang mahasiswa Fakultas Farmasi Universitas Indonesia. Dalam hasil penelitiannya bahwa teh daun kopi bisa digunakan sebagai bahan scrub wajah.

Dalam penelitiannya mengatakan bahwa teh daun kopi berkhasiat untuk yang mana kandungannya mampu mengecilkan pori-pori wajah. Selain itu, juga dapat mengurangi minyak yang berlebih pada wajah.

Sebenarnya hasil penelitiannya juga mengungkapkan bahwa teh daun kopi juga banyak manfaatnya untuk kecantikan wajah.

Sempat ada sanggahan bahwa pada umumnya bahan scrub wajah itu berbahan dasar biji-bijan. Namun kali ini berbeda dan bisa dikatakan sebagai inovasi baru. Bahan dasar scrub wajah juga bisa dari dedaunan.

Namun, sayangnya produk kecantikan yang berbahan dasar daun kopi masih belum bisa didapatkan di pasar umum. Karena masih memerlukan paten yang resmi dari pemerintah atau dinas yang berwenang. Dan paten ini memerlukan proses yang panjang.

Jika teh daun kopi sudah resmi menjadi bahan dasar kecantikan wajah, maka bisa juga diinovasikan dengan menambahkan bahan dasar lainnya seperti mentol atau bahan dasar lainnya sebagai penambah khasiat kecantikan wajah.

Manfaat Daun Kopi untuk Diet 
Kita semua tahu bahwa zat kafein dalam kopi merupakan salah satu komponen yang bermanfaat bagi tubuh. Salah satunya adalah untuk diet. Jadi untuk Anda yang sedang menjalankan program diet, kopi bisa menjadi alterlatif untuk Anda.

Tak menutup kemungkinan bahwa daun kopi juga bisa mampu menurunkan berat badan. Jika Anda takut kafein yang berlebih karena dapat menyebabkan efek candu, Anda bisa menggunakan daun koi sebagai penggantinya yang mana zat kafein tidak terlalu banyak.

Dan perlu diketahui juga bahwa teh daun kopi juga mampu meningkatkan metabolism tubuh. Dengan begitu sistem tubuh dapat bekerja lebih optimal.

Tubuh harus dapat membakar kalori di dalamnya agar tidak menjadi lemak jenuh dan membuat kita gemuk berlebihan. Dengan menggunakan daun kopi, kita bisa mampu membakar kalori dalam tubuh yang mana dapat menstimulasi tubuh dalam melakukan pembakaran lemak.

Manfaat Daun Kopi untuk Kolestrol 
Bisa dikatakan, ada terobosan baru dalam dunia kesehatan. Yang mana teh daun kopi juga dapat dimanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh. Salah satunya adalah untuk menurunkan kolestrol.

Menyeduh teh dengan bahan dasar daun kopi dapat membantu Anda menurunkan kolestrol. Kesehatan tubuh dapat diatasi dengan berbagai cara. Mungkin sudah ada yang beredar teh daun kopi di toko herbal sebagai pengobatan alami untuk menurunkan kolestrol.

Tak hanya untuk menurunkan kolestrol, bahwa daun kopi untuk diabetes juga. Karena kandungan di dalam daun kopi dengan cara diseduh menjadi teh, bisa memberikan sari-sari yang menyatu menjadi air dan menjadi ramuan herbal. Mengatasi diabetes dengan daun kopi adalah jalan alternative bagi para penderita diabetes. Selain mengobati, daun kopi juga mampu mencegah terjadinya diabetes.

Manfaat Daun Kopi untuk Kesehatan 
Pada dasarnya, daun kopi memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa teh yang terbuat dari daun kopi dapat mengobati penyakit diabetes dan kolestrol. Sehingga daun kopi dapat bermanfaat banyak bagi kesehatan tubuh.

Kandungan di dalam daun kopi mengandung zat yang mampu meningkatkan daya tahan tubuh juga antioksdian. Sehingga mampu melawan kanker baik kanker jinak, maupun kanker ganas. Tak hanya itu, bahkan daun kopi juga mampu melindungi neuron dalam otak sehingga dapat meningkatkan kecerdasan otak.

Manfaat Daun Kopi untuk Jantung 
Ya, melancarkan pernafasan dengan daun kopi adlah salah satu cara untuk menjaga kondisi kesehatan dalam tubuh. Sehingga untuk penderita jantung dapat menggunakan daun kopi sebagai bahan alternatif untuk pengobatan secara herbal.

Mungkin sudah banyak teh dengan bahan dasar daun teh pada umumnya diinformasikan mengandung kandungan yang dapat melegakan pernapasan. Jadi, tak heran setiap kita minum teh, napas terasa lega, apalagi meminum teh hangat.

Namun, tidak salah juga mencoba teh dengan bahan dasar daun kopi. Karena daun kopi juga dapat dimanfaatkan untuk kesehatan tubuh salah satunya adalah melancarkan pernapasan dalam tubuh.

Bagaimana? Sejuta manfaat bukan daun kopi yang belum kita ketahui. Selain untuk kesehatan juga bisa untuk perawatan wajah bahkan perawatan kulit. Sehingga jangan salahkan pecinta kopi kalau mereka sangat hobi dengan kopi. (*)




Editor: Boy Surya Hamta
Sumber: kickdefella.net
Share on:

BERITA TERKINI
Redaksi - Disclaimer - Tentang Kami - Pedoman Media Syber
Desktop Version