x
Tinjau Karhutla, Jokowi dan Sejumlah Menteri Tiba di Desa Merbau Pelalawan Riau
Masyarakat berebut menyalami Jokowi. (Foto:Istimewa)

Tinjau Karhutla, Jokowi dan Sejumlah Menteri Tiba di Desa Merbau Pelalawan Riau

Selasa, 17 September 2019, 12:19:31
PELALAWAN-Presiden Joko Widodo tiba di Desa Merbau, Kecamatan Bunut, Kabupaten Pelalawan, Riau pukul 10.00 Wib pagi tadi menggunakan helikopter. Rombongan dengan tiga heli mendarat di lapangan sepakbola Bunut.

Setelah heli pertama dan kedua landing di sisi kiri dan kanan lapangan, heli terakhir yang ditumpangi Presiden Jokowi kemudian mendarat. Menteri LHK Siti Nurbaya, Menkopulhukam Wiranto, Menteri PU Basuki, Mensesnek Pramono dan pejabat pusat lainnya tampak duluan turun.

Presiden Jokowi kemudian turun dari heli dan disambut jerit histeris ribuan masyarakat yang sudah berkumpul sejak pagi. Jokowi berjalan meninggalkan helikopter menemui masyarakat yang ingin berfoto dan bersalaman. 

Jokowi menyalami hampir seluruh masyarakat yang berteriak-teriak memanggil namanya. "Pak jokowi, pak jokowi, kami nak berfoto," teriak warga yang kebanyakan emak-emak.

Puluhan pengaman presiden langsung menyebar mengamankan areal disekitar presiden, dibantu puluhan polisi dan TNI membentuk pagar betis mengahalau masyarakat yang ingin mendekati presiden. "Pak de, pak de, salam kami pak," teriak warga lainnya.

Hampir 20 menit Jokowi menyalami warga dan berfoto ria mulai dari anak-anak,ibu-ibu, hingga orangtua. Setelah itu, Jokowi beserta rombongan menuju iringan mobil yang telah disediakan. Selanjutnya melaju ke lokasi Karhutla yang akan ditinjau berjarak 6 kilometer dari Helipad.

Didatangi Ratusan Warga
Sebelumnya, lapangan pendaratan pendaratan helikopter yang membawa Presiden RI Joko Widodo atau Jokowi didatangi ratusan warga dan disterilkan perseonil TNI.

Ratusan warga memadati lapangan helipad tempat mendaratnya helikopter yang membawa rombongan Presiden Joko Widodo di Desa Merbau, Kecamatan Kerumutan, Pelalawan, Selasa (17/9/2019).

Warga yang data berkurumun tidak hanya dari Desa Merbau saja, tetapi juga masyarakat dari desa tetanga lainnya. Penduduk menunggu di lokasi kebun karet yang berada di sebelah kanan helipad mulai dari anak-anak, orang dewasa sampai orangtua.

Kerumunan warga mengeliling lapangan pendaratan helikopter dengan penjagaan ketat petugas keamanan dari kepolisian dan TNI. Tampak petugas memberikan pengarahan kepada masyarakat dan menjelaskan batasan tempat warga bisa mendekat. "Kami nak nengok pak Jokowi, katanya nak kesini. Kalau dapat nanti berfoto bagus juga," kata seorang warga, Emi yang mengaku datang bersama dua anaknya.

Warga lainnya, Syamsu mengaku telah mengetahui kedatangan presiden sejak sehari sebelumnya. Ketika petugas dari kepolisian dan TNI melakukan pembersihan lokasi helipad yang sehari-hari digunakan sebagai lapangan bola itu. "Kios-kios yang ada tuh dibersihkan semua semalam. Warga sini udah tau pak Jokowi nak datang," tukasnya.

Di lokasi helipad, tampak satu unit mobil Pemadam Kebakaran (Damkar) milik pemkab Pelalawan menyirami lapangan sepak bola. Alhasil debu semakin naik menyusul lapangan tampak basah. Petugas pemandu pendaratan helikopter juga sudah siaga dilokasi. (*)



Editor: Boy Surya Hamta
Sumber: Tribunpekanbaru
Share on:

BERITA TERKINI
Redaksi - Disclaimer - Tentang Kami - Pedoman Media Syber
Desktop Version